BAB
I
PENDAHULUAN
Pendidikan
saat ini menjadi prioritas program pembangunan pemerintah Indonesia. Hal ini
dibuktikan dengan adanya peningkatan anggaran pendidikan yang sangat signifikan
dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Disadari atau tidak, pendidikan
merupakan pondasi awal kemajuan sebuah bangsa. Sumber Daya Manusia (SDM) handal
yang mampu berkompetisi di era pasar global perlu diwujudkan sebuah pendidikan
yang komprehensif dan dinamis sesuai dengan tuntutan zaman.
Dalam dunia
kerja yang hari ini sangat kompetitif, SDM yang dibutuhkan tidak hanya sekedar
telah menyelesaikan pendidikan formal saja, tetapi dituntut juga mempunyai skill dan profesionalisme tinggi.
Pendidikan non formal dirasa sangat perlu untuk membantu mempersiapkan SDM
handal yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja tersebut. Pendidikan non formal
juga sangat menunjang program-program pendidikan sekolah yang saat ini berbasis
kompetensi.
Kabupaten
Indramayu khususnya Kecamatan Haurgeulis yang sedang giat membangun sektor
pendidikan perlu mengembangkan sektor pendidikan non formal sebagai penunjang
keberhasilan pendidikan formal yang saat ini sudah ada. Diharapkan di
tahun-tahun yang akan datang Haurgeulis menjadi sebuah kecamatan dengan
pembangunan yang sangat pesat yang didukung oleh SDM yang handal dan
profesional.
Untuk menyikapi
kondisi tersebut maka perlu dibentuk sebuah lembaga pendidikan non formal
dengan biaya yang terjangkau oleh masyarakat guna membekali mereka dengan
keahlian dan kemampuan sesuai dengan masa depannya. Oleh karena itu dibentuklah
Lembaga pendidikan non formal dengan nama “LKP Haurgeulis Education Centre
(HEC)” yang berupaya berpartisipasi memajukan pendidikan dan mempersiapkan SDM
sesuai dengan tuntutan dunia kerja.
BAB II
PROFIL LEMBAGA
2.1. Legalisasi
dan Nama Lembaga Pelaksana
“LKP Haurgeulis
Education Centre (HEC)” didirikan pada
tahun 2006 sebagai lembaga yang bergerak
di bidang kursus komputer. Sebagai lembaga pendidikan non formal, tujuan
didirikan LKP ini adalah untuk ikut berpartisipasi memajukan pendidikan dan
mempersiapkan SDM sesuai dengan tuntutan kerja dunia usaha dan industri atau
mampu bekerja secara mandiri. “LKP Haurgeulis Education Centre (HEC)” mulai
mengajukan ijin ke Dinas Pendidikan pada bulan September tahun 2006, sampai
saat ini lulusan siswa HEC yang saat ini sebagian diantaranya telah diterima
kerja di dunia industri dan sebagiannya lagi menempuh jalur wirausaha mandiri.
Adapun legalitas yang sudah dibuat adalah :
Nama Lembaga Kursus : LKP
HAURGEULIS EDUCATION CENTRE (HEC)
NILEK : 02109.1.0042
NPWP : 21.105.249.3-437.000
Nomor Ijin : 420.1/400 a Pemb. PNF
Nomor Rekening : 0004 185765 100
Pimpinan : Nasrudin Erwanto, S.Kom
Alamat : Jl. Siliwangi No. 02 RT 15/04 Blok Negla
Kecamatan Haurgeulis
– Indramayu
Telepon / HP : 085 224 568 759 / 085 295 548 397
2.2. Visi dan
Misi LKP HAURGEULIS EDUCATION CENTRE (HEC)
Visi LKP Haurgeulis
Education Centre (HEC) adalah ikut mencerdaskan kehidupan bangsa demi
tercapainya pembangunan yang adil dan sejahtera.
Sedangkan
misi LKP Haurgeulis Education Centre (HEC) adalah
1. Mencetak generasi yang mandiri, berwawasan
luas dan berakhlak mulia.
2. Mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang
handal dan profesional yang mampu bersaing dengan tuntutan jaman.
3. Mempertajam kepekaan sosial bagi generasi
muda, sehingga memiliki solidaritas yang tinggi.
4. Bersama-sama meminimalisir kenakalan remaja,
dan membangun masyarakat yang mandiri, aman, tertib dan sejahtera.
5. Bersama-sama dengan Pemerintah berperan serta
mengurangi pengangguran dengan menciptakan peluang-peluang usaha baru yang
mandiri yang dibutuhkan masyarakat.
2.3. Kegiatan
Usaha LKP Haurgeulis Education Centre (HEC)
Di
usianya yang sudah 16 (enam
belas) tahun, LKP Haurgeulis Education
Centre (HEC) masih mampu bertahan dan sudah banyak mendapatkan dukungan dan
kepercayaan dari masyarakat Haurgeulis dan sekitarnya.
Selain usaha utama di bidang kursus komputer, LKP Haurgeulis Education Centre (HEC) juga telah mengembangkan usaha lain
yang masih terkait dengan komputer. Dimana dengan adanya usaha ini bisa sebagai
tempat praktek/magang bagi Lulusan LKP Haurgeulis
Education Centre (HEC). Adapaun usaha yang saat ini telah berjalan adalah:
1.
Usaha Jasa Pengetikan
2.
Usaha Rental Komputer
3.
Usaha Kursus Komputer
4.
Usaha Penjualan
Komputer dan accessories
5.
Usaha Servis Komputer
6.
Usaha Digital Printing
7.
Usaha
Instalasi CCTV dan Jaringan
2.4. Struktur
Organisasi
Struktur
organisasi LKP Haurgeulis Education Centre menggunakan model struktur
organisasi garis, hal ini dilakukan untuk mempermudah pengawasan dan
pendelegasian tugas, sehingga lebih efektif dan efisien. Dengan struktur lini
ini pemberian wewenang dan pendelegasian tugas masih secara langsung diberikan olah
pimpinan (Direktur).
Berikut Struktur Organisasi LKP Haurgeulis Education
Centre :
BAB III
KEGIATAN PENYELENGGARAAN
3.1. Peserta
Didik
Peserta didik berasal baik
dari anak-anak usia sekolah, orang yang sudah lulus sekolah tetapi masih belum memiliki
keterampilan yang memadai maupun para karyawan instansi baik swasta/negeri di wilayah
Kecamatan Haurgeulis dan sekitarnya.
3.2. Tenaga
Pendidik dan Kependidikan
Tenaga pendidik (instruktur) di LKP Haurgeulis Education
Centre merupakan pratiksi di bidang komputer khususnya di Kecamatan Haurgeulis.
Adapun tenaga pendidik tersebut adalah :
No |
Nama
Pendidik |
Jenis Kelamin |
Pendidikan |
1 |
Nasrudin Erwanto, S.Kom |
L |
S1 |
2 |
Hanik A. Sholikah, A.Md |
P |
D3 |
3 |
Ali
Husen Al Majid |
L |
SMK |
4 |
Akim Mudin |
L |
SMK |
5 |
Yaqub
Satria Indramaju |
L |
SMK |
6 |
Sohibul
Amri |
L |
SMK |
7 |
Ahmad
Sofan |
L |
SMK |
8 |
Juhdan |
L |
SMK |
9 |
Ega |
L |
SMK |
10 |
Novitasari |
P |
SMK |
11 |
Ilma
Marfu’ah Sabilillah |
P |
SMK |
3.3. Sarana dan Prasarana
Berikut sarana dan prasarana yang telah
dimiliki LKP Haurgeulis Education Centre:
a. Sarana
No |
Nama
/ Jenis Sarana |
Banyaknya |
Kegunaan |
1 |
Komputer
+ Meja & kursi |
3 unit |
Jasa Pengetikan dan Tata Usaha |
2 |
Printer
|
3 unit |
Jasa Pengetikan dan Tata Usaha |
3 |
Scanner |
1 unit |
Jasa
Pengetikan |
4 |
Speaker
Aktif |
4 unit |
Media
Pembelajaran |
5 |
Komputer
+ meja & kursi |
10 unit |
Kegiatan
Belajar komputer |
6 |
Komputer
+ meja & kursi |
5 unit |
Praktek
merakit komputer |
7 |
Meja
+ Kursi Instruktur |
1 buah |
Untuk
instruktur |
8 |
Meja
Kerja |
1 buah |
Penerima
tamu & Meja Pimpinan |
No |
Nama
/ Jenis Sarana |
Banyaknya |
Kegunaan |
9 |
White
Board |
1 buah |
Untuk
proses belajar |
10 |
Lemari |
2 buah |
Penyimpanan
arsip |
11 |
Etalase |
4 Buah |
Penyimpanan
aksesoris komputer |
12 |
Kursi
dan meja tamu |
1 set |
Penerimaan
tamu |
13 |
LCD
Proyektor |
1 buah |
Kegiatan
Pembelajaran |
b. Prasarana
No |
Nama / Jenis |
Banyaknya |
Luas |
Keadaan |
1 |
Ruang tamu, dan Tata Usaha |
1 |
6,5 x 3,5 m |
Baik |
2 |
Ruang
Pimpinan & Instruktur |
1 |
3,5 x 4 m |
Baik |
3 |
Ruang
Teori |
1 |
3,5 x 3 m |
Baik |
4 |
Ruang
Praktek |
1 |
4 x 3 m |
Baik |
5 |
Toilet
(WC) |
2 |
1,5 x 1,5 m |
Baik |
6 |
Kamar
mandi |
2 |
1,5 x 1,5 m |
Baik |
7 |
Parkir |
1 |
8 x 7 m |
Baik |
3.4. Manajemen
Mutu Penyelenggaraan
Ada beberapa langkah yang akan
ditempuh guna menjamin mutu proses penyelenggaraan kursus komputer yaitu:
1. Dalam pengambilan keputusan, seorang penyelenggara Program
menggunakan sistem musyawarah.
2. Dalam pelaksanaan proses pembelajaran, LKP Haurgeulis
Education Centre sangat memperhatikan efektivitas dan efisiensi.
BAB IV
KEGIATAN PEMBELAJARAN
4.1. Tempat
Pembelajaran
Adapun tempat pembelajaran untuk siswa
tentang teori dan praktek dengan unit komputer contoh dilaksanakan di LKP Haurgeulis
Education Centre Jl. Siliwangi Desa Haurgeulis
Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu.
4.2. Jenis
Kursus
Adapun jenis kursus yang diselenggarakan oleh LKP Haurgeulis Education Centre (HEC adalah
sebagai berikut:
No |
Program Kursus Komputer |
1. |
MS.
Office |
2. |
Design
Grafish |
3. |
Typing
Master |
4. |
Teknisi
|
4.3. Proses Pembelajaran
Pembelajaran
untuk peserta Program Kursus Komputer ini akan terdiri dari teori di ruang kelas secara klasikal, praktek
di lokasi pembelajaran (LKP HEC) dimana tiap peserta akan menghadapi satu orang
satu unit komputer. Proses
belajar mengajar sebanyak
25 kali pertemuan dengan satu kali pertemuannya selama 1,5 jam (90 menit)
dengan 20% teori dan 80% Praktek.
4.4. Jadwal
Proses Pembelajaran
Sebagaimana
telah diterangkan di atas bahwa proses belajar mengajar akan dilaksanakan
dengan kelas kecil dimana setiap shift sebanyak 10 peserta yang belajar sehingga diperlukan pengaturan waktu untuk
pembelajarannya.
Setiap
kelompok akan dibagi jadwal masuknya sesuai dengan pembagian waktu. Berikut ini
pilihan waktu yang disediakan untuk jadwal kursus :
HARI
:
a. Kelas Reguler : 1. Senin – Rabu – Jum’at
2. Selasa – Kamis – Sabtu
c. Kelas Privat : Setiap hari
JAM
:
a. 08.30 – 10.00 WIB d. 14.00 – 15.30 WIB
b. 10.00 – 12.00 WIB e. 15.30 – 17.00 WIB
c. 12.30 – 14.00 WIB
BAB V
PENUTUP
5.1. Kesimpulan
Profil
ini dibuat untuk memberikan gambaran tentang LKP HEC secara menyeluruh. Kami
menyadari masih banyak kekurangan di sana-sini
dalam pembuatan profil ini. Kekurangan tersebut akan kami usahakan untuk
diperbaiki sambil berjalan. Sebagai salah
satu putra daerah kami akan berusaha untuk memberikan hal terbaik untuk
kemajuan masyarakat sebagai salah satu kepekaan dan kepedulian sosial.
Kepuasan
konsumen adalah hal yang paling kami perhatikan karena konsumen kami adalah
raja, apabila konsumen merasa puas maka kami yakin mereka akan memberitahukan
kepada yang lainnya. Sehingga kami dapat bertahan menjadi pemimpin pasar di wilayah
sendiri.
Akhirnya
kami ucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada kami,
insya Allah kami akan amanah mengemban amanat yang diberikan.
5.2. Harapan
Harapan
kami adalah bahwa Profil LKP Haurgeulis Education Centre (HEC) ini bisa
memberikan gambaran kepada masyarakat dan instansi yang terkait, sehingga kami
dapat membantu pelajar/masyarakat umum untuk mendapatkan keterampilan yang
sangat dibutuhkan dalam menghadapi tantangan dunia saat ini. Dengan demikian mereka mempunyai kesempatan
untuk memperbaiki taraf kehidupan mereka sendiri.
Tanpa
adanya kerjasama baik instansi pemerintah, perusahaan, swasta, maupun
masyarakat mustahil peningkatan mutu sumber daya manusia ini dapat berjalan
dengan baik, karena itu harapan kami pula bahwa semua unsur dapat saling bantu
membantu dan bekerja sama untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.
hasil Pengetikannya Rapih...cocok pisan
BalasHapus